BAB I

                                                                PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah 

          Saat ini perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dan berkembang akhir-akhir ini terutama dalam bidang telekomunikasi mobile, menjadikan telepon seluler sebagai kebutuhan bagi semua orang tua maupun muda. Sejalan dengan perkembangan yang ada, kebutuhan masyarakat akan kemudahan akses cenderung meningkat. Salah satu telekomunikasi yang sedang berkembang saat ini adalah smartphone yang memudahkan untuk akses lebih cepat. 
          Smartphone sering juga digunakan sebagai media pembelajaran bagi siapa saja termasuk anak-anak. Dan pada saat ini anak-anak tertarik untuk belajar bahasa asing selain bahasa inggris, salah satunya adalah bahasa korea. Hangeul (한글) merupakan nama dari bahasa korea yang diciptakan oleh Raja Agung Sejong, Dinasti chosun pada tahun 1443. 
          Dalam mempelajari bahasa korea tidaklah mudah, kita harus mengerti huruf dan lafal pengucapannya agar dapat membaca perkata dalam bahasa korea dengan benar. Untuk itu diperlukan media alternatif pengenalan bahasa korea dan pengucapannya. Oleh karena itu, dalam tulisan ilmiah ini penulis membuat tulisan ilmiah dengan judul “Pembelajaran Huruf Korea Berbasis Android menggunakan Eclipse Juno”. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu dalam mempelajari huruf korea.

1.2 Rumusan Masalah 
Adapaun rumusan masalah dari penelitian ini :
1. Apakah yang dimaksud dengan Hangeul?
2. Bagaimana pelafalan huruf hangeul?
3. Bagaimana penulisan huruf hangeul? 

1.3 Batasan Masalah 
Adapun Batasan masalah dari penelitian ini:
1. Pengenalan huruf-huruf korea 
2. Contoh kata benda dan kata sapaan dalam bahasa korea

1.4 Tujuan Penelitian
Adapun Tujuan Penelitian ini antara lain :
1. Sebagai suatu sarana untuk pendidikan dalam pelajaran bahasa asing sehingga akan menunjang kebutuhan      para pelajar.
2. Sebagai sarana untuk memperkenalkan huruf korea (Hangeul) bagi pemula yang ingin mempelajari bahasa     Korea, diluar kalangan pelajar.
3. Memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan bahasa asing di tingkat           regional maupun global.
4. Menerapkan Sistem Operasi Android.

1.5 Metodologi Penelitian 

         Metodologi yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini dengan mengikuti tahapan-tahapan dalam siklus Hidup Pengembangan sistem (SDLC). Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut :

1. Analisa 
         Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, mempelajari dan memahami buku-buku referensi. Penulis juga mencari dan mengolah informasi dari internet, dimulai dari mengumpulkan tutorial-tutorial yang terkait dalam pembuatan aplikasi tersebut.

2. Perencanaan sistem 
         Merencanakan konsep dasar dari aplikasi, merencanakan mengenai penggunaan bahasa pemrograman yang akan dipakai dan membuat perancangan tampilan interaksi dari aplikasi yang akan di buat.

3. Coding
         Membuat aplikasi yang telah direncanakan dan di rancang menggunakan Sistem Operasi Windows & Ultimate 64-bit, Eclipse dengan ADT-21.0.1, JDK-6u26-windows-i586, SDK_r21.0.1 . Perangkat keras yang digunakan adalah Processor : Intel® Core™ i3-2310M CPU @ 2.10GHz(4CPUs),~2.1GHz. Ram 2GB, Monitor 14”, Harddisk 500GB.

4. Pengujian 
         Penulis akan mencoba aplikasi ini pada telepon seluler dengan sistem operasi Android pada telepon genggam dengan jenis Smartfren Andromex V dan Samsung GALAXY ace plus. 

1.6 Bibliografi 
Hwang, M.Hasan. Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea, Jakarta:Renebook, 2011
Murya,Yosef. Pemrograman Android Black Box,Purwokerto:Jasakom,2013
Nim,Ujang. 2012.”Cara Membaca Hangeul”( http://www.seoulina.com/2012/04/cara-membaca-hangeul.html diakses 8 april 2013)
Nugroho,Yulyanto Dwi Prastyo. “Sejarah, Perkembangan dan Fitur Android”(http://www.slideshare.net/youlie123/android-for-reference di akses 13 april 2014)

Universitas Gunadarma

Populer Post