Tugas 3 - PPSI 
4KA02 - Dwi Handayani


Manajemen Proyek adalah tata cara atau sistem pengelolaan pekerjaan konstruksidalam mengelola sumber daya dan dana suatu proyek untuk mencapai tujuan denganmenggunakan metode-metode dan sistematika tertentu.
Manajemen proyek yang baik yaitu cara mengelola berbagai aset, sumber daya manusia, waktu dan kualitas pekerjaan proyek. Sehingga menghasilkan kualitas yang maksimal dalam waktu yang direncanakan dan memberikan efek kesejahteraan bagi karyawan.  
Di dalam proyek,  dibutuhkan organisasi yang bagus sehingga personal dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik sesuai tanggung jawab masing-masing tanpa mendapat tekanan dari atasan.  
Personil proyek dalam suatu organisasi proyek gedung antara lain:
  • Project manajer
  • Site Enginering Manajer atau Manajer Teknik
  • Site Oparional Mnajer atau Manajer Lapangan
  • Safety dan K3
  • Quality Qontol bertugas mengontrol kualitas pekerjaan
  • Site Administrasion Manajer mengelola keuangan proyek.
Masing – masing personil inti proyek tersebut membawahi para staff yang bekerja sesuai bidang keahlianya, antara lain:
-          Quantity Surveyor      : Menghitung volume item pekerjaan bangunan
-          Metode pelaksanaan   : Membuat sistem pelaksanaan paling efektif dan efisien sehingga menghasilkan pekerjaan yang bagus dengan biaya murah.
-          Drafter                        : Membuat gambar shop drawing sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan dan gambar Asbuilt drawing sebagai gambar laporan kepada pemilik proyek.
-          Pelaksana                    : Memantau jalanya pelaksanaan pembangunan sehingga menghasilkan kualitas bangunan yang bagus, mengarahkan pekerja dan membuat laporan pelaksanaan.
-          Surveyor atau Uitzet   : Melakukan pekerjaan pengukuran sehingga bangunan yang dilaksanakan benar-benar sesuai dengan apa yang direncanakan.
-                     Administrasi                :  seorang tenaga ahli yang bertanggung jawab dan mengurusi                          segala sesuatu yang berkaitan dengan pengadaan barang, peralatan dan material untuk                          pelaksanaan proyek.
-        Akutansi         
-          Perpajakan                  
-          Safety Patrol              
-          Petugas keamanan proyek : Untuk mengamankan pelaksanaan proyek dari                                            kemungkinan gangguan-gangguan yang tidak diinginkan.
-          Tukang bangunan        : orang yang melaksanakan proyek pembangunan.
Ciri-ciri manajemen proyek yang baik
  1. Pembangunan cepat, kualitas bagus dan harga murah.
  2. Suasana kerja yang menyenangkan, kompak dan adanya sikap saling menghargai                    antara sesama rekan kerja, bawahan dengan atasan serta atasan terhadap bawahan.
  3. Para Manager dalam manajemen proyek dapat bertindak sebagai pemimpin.
  4. Terpenuhinya hak-hak dan tanggung jawab karyawan dengan baik.
  5. dan lain sebaginya yang sekiranya baik 

Sebuah manajemen proyek yang baik akan dapat menyelesaikan pembangunan proyek dalam waktu yang cepat kurang dari jadwal secara kontrak atau maksimal tidak mengalami keterlambatan, selain itu pengendalian biaya juga harus dilakukan dengan baik sehingga dapat memperoleh keuntungan maksimal, ditambah lagi kualitas bangunan yang bagus juga menjadi kunci utama manajemen proyek karena hal ini juga bisa menjadi kegiatan pemasaran untuk kedepanya sehingga mudah dalam mendapatkan proyek bangunan yang siap untuk dikerjakan.

Universitas Gunadarma

Populer Post