Tugas 3 - PPSI
4KA02 - Dwi Handayani
Manajemen
proyek yang baik yaitu cara mengelola berbagai aset, sumber daya manusia, waktu
dan kualitas pekerjaan proyek. Sehingga menghasilkan kualitas yang maksimal
dalam waktu yang direncanakan dan memberikan efek kesejahteraan bagi karyawan.
Di
dalam proyek, dibutuhkan organisasi yang
bagus sehingga personal dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik sesuai
tanggung jawab masing-masing tanpa mendapat tekanan dari atasan.
Personil
proyek dalam suatu organisasi proyek gedung antara lain:
- Project manajer
- Site Enginering Manajer atau
Manajer Teknik
- Site Oparional Mnajer atau
Manajer Lapangan
- Safety dan K3
- Quality Qontol bertugas
mengontrol kualitas pekerjaan
- Site Administrasion Manajer
mengelola keuangan proyek.
Masing – masing personil inti proyek tersebut membawahi para
staff yang bekerja sesuai bidang keahlianya, antara lain:
-
Quantity Surveyor : Menghitung volume item pekerjaan bangunan
-
Metode pelaksanaan : Membuat sistem pelaksanaan paling efektif
dan efisien sehingga menghasilkan pekerjaan yang bagus dengan biaya murah.
-
Drafter : Membuat gambar shop drawing sebagai pedoman
pelaksanaan pembangunan dan gambar Asbuilt drawing sebagai gambar laporan
kepada pemilik proyek.
-
Pelaksana : Memantau jalanya pelaksanaan pembangunan
sehingga menghasilkan kualitas bangunan yang bagus, mengarahkan pekerja dan
membuat laporan pelaksanaan.
-
Surveyor atau Uitzet : Melakukan pekerjaan pengukuran sehingga
bangunan yang dilaksanakan benar-benar sesuai dengan apa yang direncanakan.
- Administrasi : seorang tenaga ahli yang bertanggung jawab dan
mengurusi segala sesuatu yang berkaitan dengan pengadaan barang, peralatan dan
material untuk pelaksanaan proyek.
- Akutansi
-
Perpajakan
-
Safety
Patrol
-
Petugas
keamanan proyek : Untuk mengamankan pelaksanaan proyek dari kemungkinan
gangguan-gangguan yang tidak diinginkan.
-
Tukang
bangunan : orang yang melaksanakan
proyek pembangunan.
Ciri-ciri
manajemen proyek yang baik
- Pembangunan cepat, kualitas
bagus dan harga murah.
- Suasana kerja yang
menyenangkan, kompak dan adanya sikap saling menghargai antara sesama
rekan kerja, bawahan dengan atasan serta atasan terhadap bawahan.
- Para Manager dalam manajemen
proyek dapat bertindak sebagai pemimpin.
- Terpenuhinya hak-hak dan
tanggung jawab karyawan dengan baik.
- dan lain sebaginya yang
sekiranya baik
Sebuah
manajemen proyek yang baik akan dapat menyelesaikan pembangunan proyek dalam
waktu yang cepat kurang dari jadwal secara kontrak atau maksimal tidak
mengalami keterlambatan, selain itu pengendalian biaya juga harus dilakukan
dengan baik sehingga dapat memperoleh keuntungan maksimal, ditambah lagi
kualitas bangunan yang bagus juga menjadi kunci utama manajemen proyek karena
hal ini juga bisa menjadi kegiatan pemasaran untuk kedepanya sehingga mudah
dalam mendapatkan proyek bangunan yang siap untuk dikerjakan.
0 komentar:
Posting Komentar