http://www.gunadarma.ac.id

Kebudayaan yang ada di Indonesia bermacam-macam, beberapa dari kebudayaan tersebut banyak orang belum tahu seluruhnya. Sehingga banyak kebudayaan daerah yang timbul dengan beriringnya perkembangan zaman banyak pula kebudayaan baru yang diperkenalkan kepada kita sebagai warga negara indonesia.
Ada banyak banyak kebudayaan yang muncul dan beberapa diantaranya lebih menonjol atau lebih sering dikenal oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah wayang kulit. Wayang merupakan salah satu kebudayaan yang dari dulu telah dikenal oleh masyarakat luas yang ada di indonesia. Kebudayaan ini berasal dari jawa tepatnya di jawa timur.
Dan pada zaman dahulu wayang sering digunakan sebagai media untuk menghibur, pendidikan, dakwah dan hal lain. Wayang juga sudah menjadi salah satu tontonan menarik yang di kota –kota besar tidak ada penayangannya. Sehingga jika di desa ada wayang akan ada banyak orang datang hanya untuk melihat pertunjukkan tersebut.


Wayang juga salah satu dari kebudayaan indonesia yang telah melekat dihati para penyuka wayang. Dan masih banyak kebudayaan yang ada di indonesia yang belum dibuka ke muka umum. Hanya beberapa kebudayaan saja yang dikenal oleh masyarakat luas.

ASAL USUL WAYANG
Menurut sumber yang saya baca. Asal-usul wayang ada 2 yaitu yang pertama berasal dari daerah jawa tepatnya jawa timur pendapat ini dikemukakan oleh para peneliti-peneliti indonesia dan ahli bangsa indonesia. Alasan mereka cukup kuat, diantarannya bahwa seni wayang masih erat kaitannya dengan keadaan sosiokultural dan religi bangsa indonesia.
Dan menurut pendapat kedua adalah seni wayang berasal dari india yang dibawa bersama dengan agama hindu ke indonesia.mereka antara lain adalah pischel, hidding, krom, poensen, goslings dan rassers. Sebagian besar kelompok dua ini sarjana inggris, negara eropa yang pernah menjajah india.
Namun sejak tahun 1950-an buku-buku pewayangan telah sepakat bahwa wayang berasal dari indonesia dan tanpa diimpor dari negara lain.
Ini adalah sedikit cerita wayang yang berkembang di negara indonesia, dan masih banyak lagi kebudayaan di indonesia yang belum kita ketahui keberadaannya.

Dan wayang ini mempunyai manfaat sebagai berikut :
-    Pendidikan atau edukasi. Nilai yang ada dalam wayang baik cerita, bentuk, karakter tokoh didalamnya mengandung nilai-nilai falsafah indonesia
-    Penerangan atau informasi. Wayang adalah media komunikasi dalam hal yang menyampaikan pesan
-    Religi. Wayang bisa dipertunjukkan dalam acara-acara tertentu. Terutama upacara adat untuk menolak bala
-    Sebagai hiburan. Wayang adalah kesenian rakyat. Namun dengan perkembangan zaman wayang bisa dinikmati semua kalangan.

Kita membahas soal wayang, wayang merupakan kebudayaan tradisional yang samapai sekarang masih digemari oleh banyak kalangan. Kebudayaan ini masih bertahan hingga saat ini. Dan sebagian orang menggunakan wayang untuk hiburan semata. Sejalan dengan timbulnya banyak kebudayaan wayang masih tetap menjadi salah satu kebudayaan yang digemari oleh banyak kalangan karena kesenian ini sangat dekat dengan masyarakat bawah maupun atas.
Masih dari beberapa orang yang hendak menggelar pesta ia akan menyewa atau menampilkan wayang sebagai hiburan karena ia sangat menyukai salah satu kebudayaan ini. Inilah yang membuat wayang masih tetap menjadi seni kebudayaan yang sangat digemari karena ia sangat dengan masyarakat.
Menurut saya wayang merupakan kesenian yang unik yang mampu bertahan hingga sampai saat ini. Ini merupakan perjuangan bagi orang yang menyukai wayang dan terus melestarikannnya hingga saat ini. Padahal kebudayaan luar telah banyak mempengaruhi kebudayaan indonesia namun wayang masih tetap dihati para penikmatnya.








Referensi
http://mediaonlinenews.com/dunia/asal-usul-wayang-kulit
http://www.anneahira.com/sejarah-wayang.htm

0 komentar:

Posting Komentar

Universitas Gunadarma

Populer Post