http://www.gunadarma.ac.id


Pelajaran sosial  sudah kita temui saat kita masih sd yaitu ilmu pengetahuan sosial namun disekolah dasar hanyalah sepintas dan tidak di dalami. Sedangkan di sma dan smp ilmu pengetahuan sosial dibagi beberapa bagian seperti sejarah, sosiologi, dan geografi. Namun pada saat di bangku kuliah saya menemukan pelajaran ilmu sosial dasar.
Pada saat ini kita mempelajari ilmu sosial dasar yang berkaitan juga dengan kehidupan sehari-hari. Ilmu yang kita dapatkan di bangku pendidikan membantu kita untuk bersosialisasi dengan baik di masyarakat. Arti dari ilmu sosial dasar itu sendiri apa? Itu adalah pertanyaan yang sangat sering kita jumpai namun enggan untuk ditanyakan.   
Dibawah ini ada beberapa pengertian ilmu berikut ini :

- Menurut Kamus Bahasa Indonesia ada 2 pengertian
v  Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerapakan gejala-gejala di bidang (pengetahuan) tertentu
v  Ilmu adalah sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, bathin, dan lain-lain.

- Menurut Mulyadhi Kartanegara
v  ilmu adalah any organized knowledge.
Ilmu dan sains menurutnya tidak berbeda, terutama sebelum abad ke-19, tetapi setelah itu sains lebih terbatas pada bidang-bidang fisik atau inderawi, sedangkan ilmu melampauinya pada bidang-bidang non fisik, seperti metafisika.

- Menurut Mohammad Hatta
v  ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut bangunannya dari dalam.

- Menurut Ralph Ross dan Ernest Van Den Haag
v  ilmu adalah yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan ke empatnya serentak.
- Menurut Karl Pearson
v  ilmu adalah lukisan atau keterangan yang komprehensif dan konsisten tentang fakta pengalaman dengan istilah yang sederhana.

- Menurut Ashley Montagu
v  ilmu adalah pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menentukan hakikat prinsip tentang hal yang sedang dikaji.

- Menurut Harsojo
v  ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang disistemasikan dan suatu pendekatan atau metode pendekatan terhadap seluruh dunia empiris yaitu dunia yang terikat oleh faktor ruang dan waktu, dunia yang pada prinsipnya dapat diamati oleh panca indera manusia.

- Menurut Afanasyef
v  ilmu adalah manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran. Ia mencerminkan alam dan konsep-konsep, katagori dan hukum-hukum, yang ketetapannya dan kebenarannya diuji dengan pengalaman praktis. Pada prinsipnya ilmu merupakan usaha untuk mengorganisir dan mensitematisasikan sesuatu. Sesuatu tersebut dapat diperoleh dari pengalaman dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sesuatu itu dilanjutkan dengan pemikiran secara cermat dan teliti dengan menggunakan berbagai metode.
v  Ilmu dapat merupakan suatu metode berfikir secara objektif (objective thinking), tujuannya untuk menggambarkan dan memberi makna terhadap dunia faktual. Ini diperoleh melalui observasi, eksperimen, dan klasifikasi. Analisisnya merupakan hal yang objektif dengan menyampingkan unsur pribadi, mengedepankan pemikiran logika, netral (tidak dipengaruhi oleh kedirian atau subjektif). Ilmu sebagai milik manusia secara komprehensif yang merupakan lukisan dan keterangan yang lengkap dan konsisten mengenai hal-hal yang dipelajarinya dalam ruang dan waktu sejauh jangkauan logika dan dapat diamati panca indera manusia.

Diatas merupakan beberapa pendapat tokoh. Yang kemungkinan salah satunya telah anda ketahui.
Jadi, ilmu merupakan pengetahuan yang memiliki system menurut metode-metode tertentu.
Ilmu adalah kumpulan pengetahuan. Namun bukan sebaliknya kumpulan ilmu adalah pengetahuan. Kumpulan pengetahuan agar dapat dikatakan ilmu harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat yang dimaksudkan adalah objek material dan objek formal. Setiap bidang ilmu baik itu ilmu khusus maupun ilmu filsafat harus memenuhi ke dua objek tersebut. Ilmu merupakan suatu bentuk aktiva yang dengan melakukannya umat manusia memperoleh suatu lebih lengkap dan lebih cermat tentang alam di masa lampau, sekarang dan kemudian serta suatu kemampuan yang meningkat untuk menyesuaikan dirinya.
Jadi ilmu menurut saya adalah suatu pengetahuan yang bersistem dan teratur memiliki metode-metode tertentu

Diatas telah di jelaskan apa itu ilmu sekarang kita menjelaskan apa itu sosial. Di bawah ini juga ada beberapa pengertian dari sosial.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi sosial menurut beberapa ahli:

# LEWIS
Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya

# KEITH JACOBS
Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas

# RUTH AYLETT
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi

#  PAUL ERNEST
Sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama

# PHILIP WEXLER
Sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia

# ENDA M. C
Sosial adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan

# LENA DOMINELLI
Sosial adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

# PETER HERMAN
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan

# ENGIN FAHRI. I
Sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu tersebut
Jadi arti sosial menurut saya adalah suatu interaksi masyarakat satu dengan yang lainnya.
Diatas merupakan pengertian dari sosial nah sekarang pengertian dasar itu sendiri. Pengertian dasar menurut saya adalah suatu hal yang paling rendah.
Jadi ilmu sosial dasar adalah suatu pengetahuan yang mendasar mengenai interaksi manusia satu dengan yang lainnya.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
Pokok Bahasan Ilmu Sosial Dasar
1. Pengertian, latar belakang serta ruang lingkup pembahasan.
2. Sekilas tentang ilmu-ilmu sosial, IPS, ilmu sosial, dan Ilmu Sosial Dasar.
3. Penduduk, masyarakat dan kebudayaan.
4. Individu, keluarga, dan masyarakat.
5. Pemuda dan sosialisasi serta peranan pemuda dalam pembangunan masyarakat.
6. Peranan pendidikan dlm pembangunan.
7. Warga negara dan negara.
8. Pelapisan sosial desa, kesamaan derajat.
9. Desa, masyarakat kota dan pembangunan pedesaan.
10. Kota, masyarakat kota, dan pembangunan perkotaan.
11. Pertentangan-pertentangan sosial.
12. Integrasi sosial dan integrasi nasional.
13. Pembangunan dan perubahan sosial.
14. Ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan
Diatas merupakan pengertian dari ilmu, sosial, dasar dan ilmu sosial dasar. Semoga ini bermanfaat bagi pembaca. Ilmu yang kita pelajari dari kecil ini tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita, maka dari itu baik buruknya cara bersosialisasi kita itu tergantung di diri kita masing-masing.



0 komentar:

Posting Komentar

Universitas Gunadarma

Populer Post