Kita mengenal beberapa sistem operasi salah satunya windows. windows sendiri merupakan salah satu produk dari microsoft. Microsoft merupakan salah satu perusahaan terbesar dengan teknologinya. Microsoft juga baru-baru ini telah meluncurkan windows 8. Software buatan mereka seperti office juga masih digunakan.
1. Sejarah
Sebelum terciptanya microsoft windows server 2003, microsoft juga menciptakan sistem operasi lain terlebih dahulu contohnya windows versi 1.0 kemudian dikembangkan hingga windows 7, namun sekarang telah diluncurkan produk terbaru dari microsoft yaitu windows 8. Namun yang akan saya bahas adalah microsoft server 2003.
Windows microsoft server 2003 merupakan reinkarnasi dari windows NT. Windows ini memiliki nama kode whistler server mulai dikerjakan akhir tahun 2000. Tujuannya untuk membuat platform.NET dengan menyediakan infrastruktur jaringan yang terbentuk dari windows server dan windows worksation. Pada akhirnya whistler worksation saja yang dirilis setahun berikutnya dengan nama produk xp, yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan korporat.
Pada tahun 2003 microsoft meluncurkan kembali produk sistem operasi server yang diberi nama windows server 2003, disini terdapat banyak fitur keamanan yang baru. Pemandu manage your server wizard yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya dan juga peningkatan kinerja. Windows server 2003 menggunakan kernel windows NT versi 5.2.    
Windows sendiri terdiri dari beberapa produk yang berbeda yaitu sebagai berikut :
- Windows server 2003 standard edition
Windows edisi ini benar-benar dasar, dengan fitur yang umumnya dibutuhkan oleh sebuah server untuk melayani klien-klien di jaringan. Windows edisi ini diterbitkan untuk menggantikan windows 2000 server dan windows NT 4.0 server.
- Windows server 2003 enterprise edition
Windows edisi ini memiliki semua fitur yang terdapat di standard edition, ditambah dengan fitur-fitur yang meningkatkan keandalan dan skalabilitas layanan-layanannya. Versi ini ditujukan untuk menggantikan windows 2000 advanced server dan windows NT 4.0 enterprise server. Enterprise edition dapat menggandakan prosesor dari 4 hingga 8 prosesor sekaligus. Enterprise edition mendukung prosesor 64-bit seperti IA-64 dan x64.
- Windows server 2003 dataceneter edition
Windows edisi ini tidak dapat diperoleh secara ritel, bisa didapatkan sebagai bagian dari kombinasi antara perangkat keras server dari sebuah vendor semacam hewlett-packcard atau dell. Ini diberlakukan untuk menjaga agar sistem dapat berjalan dengan sempurna. Manufaktur biasanya akan melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap server yang bersangkutan, bertujuan agar uptime sistem yang bersangkutan bertahan 99,999%. Sehingga dalam satu tahun hanya 9 jam saja mengalami downtime.
- Windows server 2003 web edition
Edisi ini khusus untuk web server, windows server 2003 web edition menggunakan internet information service (IIS) 6.0 sebagai infrastruktur dan menggunakan teknologi ASP.NET untuk menangani layanan web yang berbasis XML dan aplikasi web lain.
Web server modern umunya dibentuk dari beberapa komputer dengan dengan 1CPU atau 2 CPU dengan RAM yang mencukupi.
- Windows small bussiness server 2003
Edisi ini ditujukan untuk pasar jaringan kecil. Windows ini didesain dengan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh jaringan skala kecil. Instalasi defsultnya akan menginstalasikan active directory, sebuah situs share point portal dan exchange server.
- Windows storage server 2003
Edisi ini untuk layanan berbagai berkas dan berbagai alat pencetak. Edisi ini juga tidak bisa diperoleh secara ritel, namun bisa diperoleh melalui OEM dalam perangkat network attached storage (NAS).
Jika windows server 2000 menawarkan klebihan pada sistem operasi yang full 32-bit, menggunakan driver untuk hardware yang berbasis windows drive model, serta terminal service telah terintegrasi. Sedangkan microsoft server 2003 merupakan upgrade dari microsoft server 2000 dan memiliki kelebihan yaitu cara penginstalannya tidak terlalu sulit, proses rebooting sangat cepat saat di restrart. Sistem ini menyediakan layanan berbagi berkas dan alat pencetak yang tidak membutuhkan CAL.
Kemudian pada tahun 2008 microsoft mengembangkan lagi windows server 2003 menjadi windows server 2008, windows ini memiliki keunggulan teknologi dan keamanannya.

Sumber :
http://id.scribd.com/doc/48242108/MAKALAH-PERKEMBANGAN-WINDOWS-SERVER
http://serba-serbi.hanifanews.com/2013/03/7-raksasa-teknologi-terbesar-di-dunia.html?m=1
http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Server_2003
http://t1k4okt4.blogspot.com/2010/12/perbandingan-windows-nt-2000-server.html

0 komentar:

Posting Komentar

Universitas Gunadarma

Populer Post