Penulis :  Eko Lannueardy 


Foto: Arcor.de

CHIP.co.id - Anda pengguna Android, kini harus lebih wasapada. Pasalnya, sebuah ancaman atau malware terbaru mulai menyasar pengguna smartphone atau tablet yang identik dilambangkan dengan robot hijau. Malware itu disebut Ransomware yang teridentifikasi telah didistribusikan oleh sebuah kelompok yang dikenal dengan nama Reveton Team. Celakanya, malware tersebut sudah perjual-belikan ke sejumlah orang yang ingin menggunakannya.
Awalnya, malware serupa hanya ditemukan di PC berbasiskan Windows yang akhirnya kini menyebar menuju pengguna perangkat bergerak, seperti smartphone ataupun tablet. Oleh sebagian orang mengatakan bahwa sistem operasi Android masih cukup aman. Namun, tidak ada salahnya jika kita tetap waspada. Apalagi, saat ini banyak ditemukan aplikasi yang mencurigakan untuk mengambil keuntungan dari penggunanya.

Kembali kemasalah ancaman yang telah disebutkan, pertama kali malware ini akan menampilkan pesan yang berisi seakan-akan aplikasi antivirus yang terpasang di perangkat Android Anda tidak maksimal. Untuk itu, Anda diminta untuk meng-update antivirus yang bersangkutan. Apa yang selanjutnya dilakukannya adalah mengenkripsi file Anda lalu mengeluarkan sebuah pemberitahuan bahwa Anda telah menyimpan file-file ilegal. 
Selanjutnya, malware tersebut akan mengunci akses ke aplikasi yang ada dan meminta Anda untuk melakukan pembayaran guna membuka aplikasi tersebut dan agar terus bisa menggunakannya. Uniknya, seluruh interface malware ini terlihat begitu menyakinkan pengguna sehingga terlihat sebagai aplikasi yang sah. 
                                                                   


Bagian terburuk dari semua itu adalah saat Anda me-reboot perangkat, Anda tidak lagi bisa mengakses aplikasi yang ada di perangkat Android milik Anda. Tentu saja, masalah ini akan terus muncul dan sangat menggangu. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah melakukan Factory Reset. Kendalanya, Anda akan kehilangan semua aplikasi dan data yang dimiliki. Tentu saja, tidak semua orang melakukan hal ini.

Guna mencegah hal tersebut tidak terjadi pada perangkat yang Anda gunakan, sudah sepatutnya install aplikasi antivirus yang terus di-update. Selain itu, jangan pernah mengunduh aplikasi yang mencurigakan dan juga berasal dari marketplace yang tidak jelas keberadaannya.
Cara lainnya, gali informasinya secara detail semua aplikasi yang ingin Anda install dan lakukan verifikasi secara manual. Hal ini tentunya berguna untuk menghindari aksi penipuan saat perangkat mengunduh atau meng-install yang aplikasi yang bersangkutan. Saat proses instalasi berjalan, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal lainnya, seperti hak akses ke jaringan yang Anda gunakan.
Tanggapan :
Ini sangat membahayakan bagi pengguna Android, kita harus selalu waspada tentang aplikasi yang tiba-tiba muncul untuk meminta update dan aplikasi yang tiba-tiba minta diunduh. Sebagai pengguna android kita harus teliti dengan aplikasi yang akan diunduh dan membaca keterangan yang terdapat di aplikasi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Universitas Gunadarma

Populer Post